all about me: fungsi bahasa sebagai alat komunikasi
...SELAMAT DATANG ...TERIMA KASIH ...TELAH BERKUNJUNG
RSS

fungsi bahasa sebagai alat komunikasi

 selamat datang para pengunjung, kali ini saya menulis tentang bahasa indonesia, dan yang saya bahas adalah pengertian bahasa.     


  Bahasa sebagai sarana komunikasi mempunyaii fungsi utama  bahasa adalah bahwa komunikasi ialah penyampaian pesan atau makna oleh seseorang kepada orang lain. Keterikatan dan keterkaitan bahasa dengan manusia menyebabkan bahasa tidak tetap dan selalu berubah seiring perubahan kegaiatan manusia dalam kehidupannya di masyarakat. Perubahan bahasa dapat terjadi bukan hanya berupa pengembangan dan perluasan, melainkan berupa kemunduran sejalan dengan perubahan yang dialami masyarakat. Terutama pada penggunaan Fungsi komunikasi pada bahasa asing Sebagai contoh masyarakat Indonesia lebih sering menempel ungkapan “No Smoking” daripada “Dilarang Merokok”, “Stop” untuk “berhenti”, “Exit” untuk “keluar”, “Open House” untuk penerimaan tamu di rumah pada saat lebaran. Jadi bahasa sebagai alat komunikasi tidak hanya dengan satu bahasa melainkan banyak bahasa.


    Untuk lebih mudah memahaminya, saya akan buat pengandaian seperti ini. Misalnya saja di lingkungan kita, para bapak sedang melakukan ronda keliling, nah biasanya pada jam-jam tertentu mereka memukul tiang listrik untuk menandakan waktu. Atau jika terjadi pencurian, maka biasanya alat yang digunakan untuk membangunkan warga adalah kentongan.
   masih banyak lagi contoh lainnya, misalnya ada tetangga kita yang meninggal dunia maka biasanya di umumkan di musolah.


mungkin hanya itu yang bisa saya gambarkan tentang fungsi bahsa dalam bidang komunikasi komunikasi 

0 comments:

Post a Comment